Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Kulit kering tentu membuat hari-hari terasa tidak nyaman. Kulit yang kekurangan kelembapan ini bisa menimbulkan warna kulit terlihat kusam, bahkan pucat. Kurangnya produksi minyak atau juga keringat pada kulit menyebabkan kulit kering, itulah sebabnya kita dianjurkan untuk rajin-rajin menggunakan pelembab atau body lotion untuk menjaga kelembapan kulit dari luar. Kulit kering bisa disebabkan banyak hal mulai di antaranya adalah :
Kondisi udara
Hidup di daerah dengan suhu udara yang kering bisa memicu terjadinya kulit kering. Tidak hanya suhu udara panas, pada saat suhu udara dingin ancaman terhadap kesehatan kulit juga bisa terjadi.
Aktivitas luar ruang yang tinggi
Debu, panas, polusi menjadi penyebab umum kulit menjadi kering. Kotoran yang menempel pada kulit terlebih jika tidak rajin membersihkannya, bisa memicu kulit stress dan kering sehingga menggunakan pelembab dengan tabir surya menjadi solusi terbaik untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruang.
Sering terpapar AC
Seharian bekerja di ruangan ber-AC? Umumnya, udara kering yang keluar dari AC bisa memicu kulit kehilangan kelembapan.
Stress
Stress, sumber segala penyakit ini ternyata juga berpengaruh terhadap kulit. Stress memicu kacaunya sistem tubuh termasuk hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan minyak agar kelembapan kulit terjaga. Tahukah kamu, pada saat kulit kering, sebenarnya kulit sedang mengalami stress akut yang membuatnya bisa tampak bersisik dan berwarna kusam.
Konsumsi air putih
Air putih yang cukup berpengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Keseimbangan air dalam tubuh yang baik akan menjauhkan kulit dari ancaman kekeringan
Makanan
Kurangnya konsumsi makanan bergizi dan kaya dengan vitamin E dan C yang penting untuk kesehatan kulit juga bisa jadi penyebab timbulnya masalah kulit kering. Jika asupan vitamin dari makanan sehari-hari dirasa kurang, kamu bisa juga mengkonsumsi multivitamin sebagai tambahan.
Usia
Seiring berjalannya usia, kesegaran sel kulit akan ikut menurun. Penurunan aktivitas kelenjar sebum yang memproduksi minyak untuk kelembapan kulit ikut memicu kulit kering. Kemampuan alami sel kulit untuk mempertahankan kelembapan juga menurun, sehingga pada usia lanjut, masalah kulit kering dan bersisik bisa muncul dengan mudah.
Cara Mengatasi Kulit Kering
Mengatasi kulit kering bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami maupun kosmetika sintesis yang banyak tersedia. Secara alami, kamu bisa mencoba menggunakan madu sebagai masker kulit. Oleskan madu keseluruh tubuh sebelum mandi dan biarkan sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air dan dibersihkan.
Selain madu, gunakan buah-buah yang diketahui kaya akan vitamin yang baik untuk kulit  seperti alpukat, wortel, melon dan juga semangka juga bisa digunakan sebagai masker.
Sedangkan jika cara alami tersebut dirasa sulit, kamu juga bisa menggunakan pelembab siap pakai seperti body lotion serta produk kosmetik lain yang banyak tersedia. Pastikan kamu memilih dan menggunakan produk kosmetik dengan bahan kimia yang aman dan sudah bersertifikat agar terjaga dari resiko berbahaya bahan kimia dari kosmetik yang dijual sembarangan tanpa tes laboratorium terpercaya.
Penggunaan bahan kimia sintesis untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah umumnya digunakan pada kulit yang sudah memiliki tingkat kekeringan cukup tinggi, penggunaan bahan alami ditahap ini sudah tidak terlalu banyak membantu oleh karenanya dibutuhkan obat kosmetika khusus dengan kapasitas mengatasi kulit kering yang lebih baik.
Cara diatas adalah cara mengatasi kulit kering baik secara alami maupun kimia menggunakan produk kosmetika. Hal penting selain merawat kulit dari luar, menjaga asupan nutrisi dan kesehatan tubuh menjadi faktor utama untuk mendapatkan kulit yang sehat dan jauh dari kata kering dan kusam.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar