Ingin Wajah Bersih Bebas Jerawat? Hindari Makanan Penyebab Jerawat Berikut Ini

Ingin Wajah Bersih Bebas Jerawat? Hindari Makanan Penyebab Jerawat Berikut Ini

Memiliki wajah yang bersih dan sehat adalah dambaan bagi semua orang, baik pria maupun wanita. Padatnya aktivitas di luar rumah terkadang membuat kulit wajah menjadi kusam dan mudah berminyak, alhasil hal itu memicu tumbuhnya jerawat. 


Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh wanita pada umumnya. Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada bagian wajah antara lain dari faktor kebersihan wajah, pola hidup yang kurang sehat bahkan dari faktor makanan yang dikonsumsi. 

Kita tahu bahwa jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari memiliki banyak kandungan zat yang tentunya berbeda. Terkadang tanpa kita sadari beberapa jenis makanan tertentu dapat memicu tumbuhnya jerawat pada kulit wajah. Sehingga membuat jerawat tambah parah. 

Sebenarnya apa saja yang kita makan akan berdampak pada kondisi kesehatan tubuh. Jika kita secara rutin mengkonsumsi jenis makanan yang sehat maka tubuh pun akan sehat, begitu pula sebaliknya. Maka dari itu jika kita memperbaiki kualitas makanan yang kita konsumsi maka tubuh juga akan terjaga dengan baik. 

Sama halnya dengan jerawat. Agar kita terhindar dari masalah kulit tersebut, maka sebaiknya kita hindari makanan penyebab jerawat. Apa saja makanan tersebut? Berikut beberapa makanan atau minuman penyebab munculnya jerawat pada wajah. 

Makanan Berlemak 
Salah satu makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat yakni jenis makanan yang mengandung lemak. Nah makanan yang mengandung lemak salah satunya adalah gorengan. Memang gorengan jika dikonsumsi rasanya begitu nikmat dan membuat ketagihan. Akan tetapi jika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan maka dapat mengganggu kesehatan. 
Perlu kamu ketahui bahwa gorengan mengandung lemak trans yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, jantung maupun stroke. Tidak hanya itu, lemak yang dihasilkan dari gorengan dapat menyumbat pori-pori di kulit sehingga terjadilah infeksi atau jerawat pada wajah. 

Konsumsi Gula Berlebih 
Apakah kamu suka makanan yang manis-manis? Kamu perlu tahu, bahwa gula merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Mungkin banyak orang mengabaikan hal ini. Makanan yang banyak mengandung gula akan meningkatkan kadar insulin yang ada dalam tubuh. 
Hal itu menyebabkan hormon dan protein dalam tubuh akan berubah sehingga muncullah jerawat. Sebaiknya hindari makanan seperti kentang, nasi, dan roti. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran, rasa manis dari buah dan sayur tidak menyebabkan naiknya insulin dalam darah. 

Kafein 
Selanjutnya makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah makanan yang mengandung kafein, seperti cokelat, kopi, teh, ataupun soda. Sebaiknya hindari makanan penyebab jerawat tersebut sebab terlalu banyak asupan kafein yang dikonsumsi akan meningkatkan kadar adrenalin sehingga tubuh melepaskan hormon stress. Hal itu akan meningkatkan tubuh mengalami stress berlebih sehingga berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh dan kesehatan wajah, hingga menyebabkan kulit wajah mudah berjerawat. 

Produk Susu 
Tidak hanya kafein, ternyata susu merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Beberapa pakar kecantikan menyebutkan bahwa susu bertanggungjawab terhadap munculnya jerawat di wajah maupun di bagian tubuh yang lainnya. 
Jenis makanan yang mengandung susu antara lain cokelat, es krim, keju, susu kaleng, dan yoghurt. Bagi kamu yang memiliki wajah berjerawat, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung produk susu secara berlebihan karena dapat memperparah kondisi jerawat. 
Makanan yang mengandung susu, sebagian besar memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Susu menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan produksi sebum lebih banyak dan menyebabkan jerawat. 

Apabila ingin memiliki wajah sehat bebas jerawat, sebaiknya hindari makanan penyebab jerawat di atas. Selain itu rajin-rajinlah untuk menjaga kebersihan kulit agar kulit tidak menajdi kusam. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! 
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar