Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Masih PD kalo di jalan orang pada ngeliatin jerawat di wajah?. Bebaskan wajah dari jerawat dengan beberapa tips berikut. Jerawat (acne vulgaris) merupakan salah satu masalah kulit yang bisa muncul pada siapa saja, khususnya para remaja karena adanya beragam faktor termasuk kondisi hormonal. Secara medis, jerawat memiliki banyak sekali jenis dan cara penanganannya. Jerawat sendiri diartikan sebagai kondisi saat pori-pori kulit tersumbat sehingga membuat timbulnya kantong nanah akibat peradangan. 



Jerawat tentunya akan sangat mengganggu jika tidak kita atasi dengan tuntas. Namun, sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab munculnya jerawat. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memicu munculnya jerawat pada wajah.
Produksi minyak berlebih 
Produksi minyak (sebum) berlebih memicu penumpukan minyak dan penyumbatan saluran pori pada kulit. Proses ini memicu iritasi akibat hinggapnya bakteri pada daerah tumpukan minyak tadi. Tidak hanya jerawat, tumpukan sebum juga bisa memicu munculnya komedo. 
Sel kulit mati 
Sel kulit mati yang menumpuk pada kulit, berkolaborasi dengan tumpukan minyak dan kotoran lain bisa memicu penyumbatan dan menimbulkan jerawat. Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja lho, tapi bisa juga menyerang bagian tubuh lain seperti punggung, dada, hingga lengan atas. 
Kosmetik 
Penggunaan kosmetik yang tidak dibarengi dengan perawatan pembersihan yang baik akan dapat memicu munculnya jerawat. Pastikan tidak membiarkan kosmetik terbawa hingga waktu tidur atau membiarkannya menempel di wajah hingga lebih dari 6 jam. 
Obat-obatan dan stres 
Konsumsi obat jenis kortikosteroid dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, stres sebagai pemicu segala penyakit juga menjadi faktor umum yang bisa membuat jerawat tumbuh merajalela karena pengaruh hormon dan pola makan yang cenderung tidak sehat di waktu mengalami stres. 

Jerawat yang muncul bisa mengganggu penampilan terlebih jika jumlahnya cukup banyak. Saat ini, telah banyak tersedia obat dan kosmetika yang menyediakan solusi menghilangkan jerawat. Namun, lebih baik jika anda menggunakan cara alami. Ada beberapa cara yang bisa dicoba seperti beberapa tips dibawah ini: 
Rajin membersihkan wajah 
Rajin membersihkan wajah dari kotoran debu jalanan maupun bekas make up menjadi hal wajib dan utama untuk menekan tumbuhnya jerawat dan membuat kulit terjaga kebersihan serta kesehatannya. 
Menggunakan es batu 
Es batu dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu menghilangkan jerawat karena dapat memperlancar sirkulasi darah serta mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak berlebih yang menumpuk, hingga membunuh bakteri penyebab jerawat. Gunakan es batu yang telah dibungkus dengan kain bersih lalu tempelkan pada area wajah yang berjerawat. Lakukan langkah ini dengan rutin sampai jerawat sembuh. 
Menggunakan olesan madu 
Madu, dengan kandungan antioksidan tinggi dan juga antibiotik dapat mencegah infeksi menyebar lebih luas pada daerah berjerawat. Pastikan menggunakan madu alami untuk menghilangkan jerawat dan oleskan ke daerah jerawat menggunakan kapas bersih, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Baca selengkapnya disini Membersihkan jerawat menggunakan Madu.
Memakai lemon 
Penggunaan lemon yang kaya akan vitamin C menjadi salah satu alternatif menghilangkan jerawat. Namun, cara ini kurang sesuai untuk kulit yang sensitif karena bisa memicu iritasi. Gunakan sesuai petunjuk yang benar Menghilangkan jerawat dengan Lemon atau jeruk nipis.
Memakai mentimun 
Mentimun, dipercaya dapat membantu wajah tampak halus dan bercahaya. Sayuran ini juga memiliki zat anti inflamasi yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Cukup tempelkan irisan mentimun muda (atau bisa juga dibuat jus) pada wajah dan biarkan selama 30-60 menit, lalu bilas dengan air bersih dan lakukanlah secara rutin hingga jerawat hilang. 

Tips menghilangkan jerawat secara alami diatas dapat digunakan setiap hari karena tidak memiliki efek samping pada kesehatan. Perhatikan pula reaksi kulit saat menggunakan bahan penghilang jerawat karena respon setiap kulit bisa berbeda. Jika terjadi iritasi atau jerawat justru semakin banyak, segera hentikan perawatan dan coba gunakan cara lain atau konsultasikan dengan tenaga medis untuk membantu mengenali lebih baik jenis kulit anda sehingga dapat diketahui metode menghilangkan jerawat yang paling sesuai. Jangan lupa like dan berlangganan untuk tips-tips lainnya.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar