Cara Sederhana Untuk Miliki Rambut Sehat

Cara Sederhana Untuk Miliki Rambut Sehat

Memiliki rambut sehat merupakan idaman bagi setiap orang. Tak peduli pria maupun wanita. Rambut yang menjadi mahkota ini memang dituntut untuk selalu tampak indah. Berbagai carapun dicoba, baik itu cara tradisional hingga cara modern agar rambut senantiasa sehat dan terlihat menarik.
Rambut sehat adalah rambut yang lapisan pelindungnya terjaga dengan baik. Sebab jika rambut kehilangan lapisan pelindung tersebut, rambut akan terlihat kusam, kusut, dan kasar sehingga sulit untuk ditata. Pasti anda tidak ingin rambut anda rusak bukan?
Untuk memiliki rambut sehat itu tidak cukup dengan melakukan perawatan mahal di salon. Yang mana rambut justru akan semakin terkontaminasi dengan produk-produk kimia yang notabene tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala anda. Lakukan cara-cara yang aman untuk merawat rambut agar kerusakan rambut bisa diminimalisir.
Lalu bagaimana cara merawat rambut agar tetap sehat? Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat rambut yang bisa anda terapkan secara mandiri di rumah.


Konsumsi vitamin D
Vitamin D memiliki kandungan biotin yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan rambut dan dapat menguatkan rambut. Selain itu, vitamin D juga dapat menambah kestabilan zat besi yang dibutuhkan sebagai nutrisi bagi rambut. Mulailah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D ya!
Pola makan
Saat berbicara tentang kesehatan rambut tentu tidak jauh dari pembahasan tentang zat besi dan protein. Yup, kedua hal tersebut merupakan nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Dengan demikian, pastikan anda menjaga pola makan anda. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan protein dalam porsi cukup.
Kurangi kebiasaan menggunakan alat-alat untuk rambut
Alat-alat rambut yang dimaksud disini adalah alat pengering rambut (hair driyer), pelurus rambut atau catok dan lainnya. Nah, dengan mengurangi intensitas pemakaian alat-alat tersebut nutrisi rambut akan lebih terjaga. Sebab kerusakan rambut sering muncul karena pemakaian alat-alat dalam intensitas tinggi.


Cuci rambut dengan air dingin
Setelah melakukan rutinitas pekerjaan biasanya anda akan merasa gerah dan risih. Dan saat anda memutuskan untuk mencuci rambut, usahakan mencuci rambut dengan air dingin. Selain dapat memberikan kesegaran pada kulit kepala, mencuci rambut dengan air dingin akan membuat lapisan pelindung rambut bekerja dengan baik sehingga dapat menyerap nutrisi dari sampo atau kondisioner.
Rutin mencuci rambut
Rambut yang bersih juga menjadi salah satu indikator rambut sehat. Maka dari itu, cucilah rambut setiap dua hari sekali. Jika rutin mencuci rambut, sirkulasi darah pada kulit kepala akan semakin lancar. Selain itu kepala akan terasa ringan dan tentunya beban atau stress yang anda rasakan dapat berkurang.
Jaga kelembapan rambut
Kulit kepala yang memproduksi keringat berlebih akan membuat rambut rusak dan berketombe. Karena itu, gunakan topi atau bandana sebagai penutup kepala (terutama saat aktifitas di tengah terik matahari) agar keringat dapat diserap dengan baik. Usahakan agar rambut tidak terlalu kering maupun terlalu lembab.
Cerdas dalam menggunakan produk perawatan rambut
Saat ini banyak produk perawatan rambut yang beredar di pasaran. Anda tentu bingung dalam membelinya. Pastikan anda memeriksa terlebih dahulu komposisi dari produk tersebut. Gunakan produk yang memiliki legalitas dari pemerintah.

Demikian tadi beberapa cara yang bisa anda terapkan agar rambut sehat nan berkilau dapat anda miliki. Anda tidak perlu melakukan serentetan treatment perawatan rambut di salon yang justru memiliki efek samping yang negatif. Dengan melakukan cara-cara di atas, rambut sehat bisa anda miliki dengan mudah. Cukup sederhana bukan? Selamat mencoba ya!
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar