Mengenal Lebih Dekat Komedo

Mengenal Lebih Dekat Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah pada wajah yang bisa mengganggu penampilan, apalagi jika jumlahnya berlebih. Komedo bisa muncul pada siapa saja, khususnya bagi kamu yang memiliki kecenderungan wajah berminyak. Efek dari produksi sebum secara berlebihan menjadi tersangka utama munculnya komedo.
 Sebum, sebenarnya diperlukan untuk melembabkan kulit, pada kondisi normal tubuh memproduksinya sebagai salah satu proteksi kulit wajah, namun saat produksinya berlebihan karena beragam faktor diantaranya hormonal dan diet yang tidak tepat, sebum dalam jumlah banyak yang dikeluarkan melalui pori-pori ini bisa menyebabkan penyumbatan dan akhirnya mengundang bakteri untuk berkembang biak sehingga muncullah bintik komedo.



Komedo  dalam dunia medis dikenal dalam dua bentuk yakni
komedo  hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Jenis komedo  hitam disebut juga komedo  terbuka karena tampak seperti pori-pori yang terbuka dengan warna hitam dan cukup besar. Warna hitam muncul akibat reasi oksidasi saat udara bebas kontak dengan permukaan kulit yang terbuka.
Sedangkan, komedo lain yang paling sering menyerang wajah lebih sering datang dari kelompok komedo putih atau disebut juga komedo  tertutup. Jenis komedo  ini berada di lapisan kulit ari yang tersumbat oleh lemak dan kotoran serta bakteri yang menempel. Komedo  putih tampak seperti benjolan-benjolan kecil berwarna cenderung putih atau kekuningan yang sering muncul di daerah ujung hidung dan sekitarnya.
Umumnya, komedo  putih dihilangkan dengan menggunakan ‘plester’ khusus yang akan menarik paksa benjolan-benjolan komedo putih keluar dari permukaan kulit. Sebenarnya teknik ini bisa juga memicu iritasi karena tarikan paksa pada komedo berpotensi untuk kembali diisi kembali oleh tumpukan sebum.
Ada baiknya kita cari tahu segala hal tentang kulit wajah dan perawatan praktis untuk menghalangi munculnya komedo. Berikut adalah informasi mengenai perawatan untuk menghalangi munculnya komedo pada wajah.

Kenali jenis kulit
Mengenali jenis kulit dengan baik merupakan langkah pertama sebelum berbicara tentang perawatan wajah karena salah mengidentifikasi jenis kulit bisa berujung pada tidak maksimalnya produk perawatan wajah yang kita gunakan, mulai dari sabun muka hingga masker. Wajah berminyak dikenal luas sebagai salah satu tipe yang mudah sekali dihinggapi komedo, sehingga bagi yang memiliki kulit wajah tipe ini, pastikan kamu memilih produk kecantikan yang sesuai sehingga bisa menekan produksi minyak berlebih.
Gunakan pembersih
Rajin menggunakan pembersih bisa menjadi salah satu cara mencegah munculnya komedo. Pembersih wajah dapat memaksimalkan pengangkatan sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga meminimalisir kemungkinan tumbuhnya bakteri.
Hindari produk pemicu komedo
Comedogenic. Pemerhati kosmetik tentu familiar dengan istilah satu ini. Yap, istilah ini adalah label khusus untuk zat-zat pada kosmetik yang dapat memicu munculnya komedo. Beberapa produk kecantikan yang biasanya mengandung zat comedogenic adalah jenis susu pembersih, tabir surya, alas bedak dan juga bedak padat. Pastikan kamu mendapat informasi bahwa produk kosmetik yang digunakan bebas dari zat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori dan bahkan bisa menyebabkan peradangan karena sirkulasi pori yang tidak lancar.
Rajin mencuci wajah
Mencuci wajah dengan rutin minimal 3 kali sehari dapat menghindarkan wajah dari tumpukan kotoran baik yang datang dari penggunaan kosmetika maupun akibat debu jalanan, sehingga menjauhkan potensi munculnya komedo. Normalnya, seseorang disarankan untuk mencuci muka 3 kali sehari yakni ketika bangun pagi, untuk menghilangkan sel kulit mati selama kita tidur, lalu selepas kita beraktifitas di tengah hari atau sore hari, dan ketika sebelum pergi tidur untuk membersihkan pori wajah dari kotoran hingga bebas bernapas dengan baik dan sehat. Hindari menggunakan produk kecantikan bertahan di wajah lebih dari 6 jam karena bisa memicu sel wajah menjadi rentan mengalami iritasi.
Bagi pemilik komedo  putih, kamu bisa mencoba melakukan treatment alami dengan beberapa tips dibawah ini :
Masker pepaya
Gunakan daging buah pepaya yang sudah dihaluskan sebagai masker. Pepaya yang kaya akan kandungan enzim papain dapat membantu mengangkat sel kulit mati, dan juga memecah gumpalan sebum. Gunakan masker dari pepaya pada area berkomedo dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.
Jus lemon
Lemon yang kaya dengan kandungan asam alpha-hydroxy dan juga vitamin C dapat menghambat pertumbuhan komedo dengan cara mengencangkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Gunakan air perasan lemon pada wilayah berkomedo, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan.
Uap panas
Teknik mengangkat komedo dengan uap panas menjadi salah satu cara yang umum. Uap panas dapat membantu melancarkan pori-pori yang tersumbat, mengeluarkan kotoran didalamnya, dan mengurangi minyak berlebih. Gunakan handuk yang telah dibasahi lalu letakkan menutupi seluruh wajah anda sebelum mulai memberikan uap panas selama 5-10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Hindari menggunakan uap yang terlalu panas karena ia justru bisa membuat kulit kering akibat luruhnya minyak secara berlebihan yang berfungsi untuk menjaga kelembapan wajah.
Hubungi dokter
Jika komedo sudah tidak terkendali dan muncul dalam jumlah yang berlebihan, menghubungi tenaga medis atau dokter ahli merupakan jalan terbaik untuk bisa mengobati gangguan komedo pada wajah.

            Itu dia informasi mengenai komedo dimulai dari jenisnya dan perawatan untuk menghilangkan komedo pada wajah. Semoga bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki masalah komedo pada wajah. Jangan lupa untuk like dan langganan untuk tips-tips lainnya. Berikan kritik dan saran pada kolom komentar di bawah.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar